Sabtu, 18 Januari 2014

naskah drama 6 orang

Tugas drama seni budaya
Kelompok:


Afif      : pak kiki
Nugroho   : nugroho
Wisnu     : penculik
Kevin     : kiki
Rizki     : polisi 1
Ilyas     : polisi 2



PENCULIKAN
Di sebuah rumah  mewah dengan perabotan yang mahal, tampak dari ruang keluarga seorang pembantu yang tengah memasak di dapur. Tiba-tiba telepon berdering (kring....kring...) dia langsung bergegas ke ruang tengah untuk mengangkat telepon sambil memegang ulekan di tangannya.
Nugroho              : (mengangkat telpon) halo...
Penculik               : apa benar ini kediaman pak kiki??
Nugroho              : ya, benar. Ini siapa ya?
Penculik               : mau tahu banget apa mau tahu aja??
Nugroho              : hmmmmm.. mau tahu donkkkk
Penculik               : saya ini Lisa....ehh bukan-bukan saya penculik...P...E...N...C...U...L...I...K....!!!
Nugroho              : oh...tunggu sebentar ya! Pak ada telepon dari penculik! Eh...tunggu dulu, yang nelpon tadi...penculik....???(pingsan seketika)
Pak kiki                 : ( datang menghampiri Nugroho) ada apa sih nug?? Ya ampun nug! Kok tidur disini sih?! (sambil menutup gagang telepon)
(tiba-tiba telepon berdering pak kiki langsung duduk dan mengangkat ulekan. Ia mengira ulekan itu adalah telepon)
Pak kiki                 :(mengangkat ulekan) halo...halo.. aduh maaf ya, suaranya kurang jelas nih..(melihat ulekan yang di pegangnya) oh iya salah... (kemudian mengangkat gagang telepon) halo...
Penculik               : ini dengan pak kiki?
Pak kiki                 : ya dengan saya sendiri. Ini siapa ya?
Penculik               : saya penculik
Pak kiki                 : pe..pe..penculik?!
Penculik               : ya, saya sudah berhasil menculik anak bapak. Kalau ingin anak bapak kembali, bapak harus membayar uang tebusan sebesar 1 juta!!
Pak kiki                 : apa 1 juta?!
Penculik               :ya! Dan ingat jangan lapor pada polisi!
Pak kiki                 : L iya...ya..ya.. dimana saya memberikan uang tebusan itu?
Penculik               : di rumah kosong Gg. Suka mundur. Kelurahan suka maju. Kecamatan maju mundur. Saya tunggu sampai jam 3 sore. (menutup telpon)
Nugroho              : (tiba-tiba siuman) laporin aja ke polisi pak!! 1 juta itu kan banyak pak!
Pak kiki                 : lho? Kok kamu dengar sih? Kamu tidur atau nguping?
Nugroho              : mmm... dua – duanya pak....( sambil mneggaruk kepala) tapi, pokoknya laporin aja ke polisi pak!
Pak kiki                 : Hmmm. Gimana ya ? ya udah deh...( menelpon polisi) halo ini kantor polisi ( terdiam sejenak )
Polisi 1                  : iya benar. Ada yang bisa saya bantu??
Pak kiki                 : tolong saya pak! Anak saya di culik.
Polisi 1                  : baik. Ini dengan siapa?
Pak kiki                 : ini Pak Kiki. Rumah saya di jalan suka galau no.0.  terima kasih pak!
Polisi 1                  : ok.. saya segera meluncur...
( beberapa saat kemudian, ibu kiki sudah berada di depan rumah kosong yang di maksud si penculik, bersama 2 orang polisi)
Polisi 1                  : ibu masuk dulu, kami mengawasi dari sini.
Polisi 2                  : ya. Kami akan mengintai dari sini. Jadi bapak jangan khawatir.
Pak kiki                 : Iya...iya... ( masuk ke dalam rumah kosong itu)
(kemdian penculik itu keluar sambil membawa kiki yang diculiknya, tapi kepala kiki di tutup warna hitam)
Penculik               : anda pak kiki?!
Pak kiki                 : iya benar, saya Pak kiki..
Penculik               : anda bawa uang tebusannya?
Pak kiki                 : ya saya membawanya. Kembalikan anak saya!
Penculik               : enak aja! Duitnya dulu donk! Baru anaknya saya kembalikan.
Pak kiki                 : nih (menyerahkan kantong plastik berisi receh kepada penculik)
Penculik               : ini isinya duit??
Pak kiki                 : ya iyalah.. dah tahu nanya!
Penculik               : nggak bermodal banget sich! Pake koper kek! Mana isinya receh lagi ( sambil menggoyang – goyangkan kantong plastik itu)
Pak kiki                 : eh! Emangnya beli koper nggak pake’ duit apa??! Lagian yang penting isinya duit!!
Penculik               : huh, ya udah deh nggak apa. ( membuka kantong plastik itu) hmm.niat banget ni bapak-bapak ngasih gue duit..(bicara dalam hati)
Pak kiki                 : ya iyalah... secara gituloh.. orang kaya..(bicara dalam hati)
Penculik               : nih! Anak bapak saya kembalikan! ( sambil mendorong kiki)
Kiki                         : papah....
Pak kiki                 : ya ampun kiki, papah khawatir banget sama kamu!! Eh dibuka dulu ya. (sambil membuka penutup kepala) ha....! lho kok.. anak  saya jadi jelek kayak gini sich, ini bukan anak saya!
Penculik               : lho? Jadi ini bukan anak bapak??
Pak kiki                 : ya...kayaknya sih emang anak saya, tapi dulu dia tidak sejelek ini?? Ya udah deh, ini saya ikhlasin buat kamu aja!!( sambil mendorong kiki)
Penculik               : ogah ah! Anggap saja anak ini adalah kenang”ngan dari saya dan uang ini sebagai kenang”ngan saya untuk saya!!
( tiba-tiba saja polisi muncul dengan mendobrak pintu)
Polisi 1                  : angkat tangan! ( sambil menodongkan pensil)
Polisi 2                  : eh! Itu..(sambil menunjuk ke arah pensil itu)
Polisi 1                  : oh iya, maaf !
Polisi 2                  : angkat tangan!
Penculik               : iya, dari tadi juga dah angkat tangan kok!
Polisi 1                  : kalian berdua saya tangkap!
Pak kiki                 : lho! Kok saya juga ditangkap sih?! Kan yang nyulik anak saya itu dia! (sambil menunjuk si penculik) saya ini bapaknya! (sambil nunjuk kiki).
Polisi 2                  : dia di tangkap karena menculik anak bapak( menunjuk si penculik), dan bapak kami tangkap karena menolak anak bapak sendiri.
Paka kiki               : apa?! Tapi kan....
Polisi 1                  : sudah! Jelaskan nanti saja di kantor polisi!!
                Akhirnya polisi membawa pak kiki dan si penculik ke kantor polisi. Sementara itu, kiki di pulangkan ke rumahnya.

Pesan moral dari drama ini adalah jangan pernah menyia-nyiakan sesuatu atau orang yang selama ini kita miliki


SELESAI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar